Lama nda posting nih...
kali ini kita bahas tentang ciri ciri komstir mulai rusak :-D
Bagian yang sering mengalami kerusakan pada motor adalah pada bagian kemudi, terutama komponen Steering Head atau yang biasa kita kenal sebagai Komstir.
Apakah ciri dari kerusakan komstir ini?
Ciri-ciri jika komstir ini rusak biasanya handing dan pengendalian kemudi motor terasa kurang maksimal, dan bisa dibilang kontrol untuk melakukan belok ke kanan dan ke kiri agak liar seolah-olah membanting. Dan juga sulit untuk di kendalikan, berat dan juga terasa keras ketika kita mengendalikan nya.
Contoh lainnya biasanya setang kemudi motor terasa lebih berat ketika mau belok, dan suka ada bunyi “gletuk gletuk” saat menginjak jalan rusak atau saat melakukan pengereman rem depan.
Terkadang rem terasa kurang pakem akibat dari komstir rusak, karena saat melakukan pengereman akan ada sedikit jeda sebelum roda berhenti.
Getaran ban semakin terasa di tangan, karena stang yang seharusnya statis menjadi tidak stabil akibat kerusakan komstir.
Stang motor oblak atau terasa mau copot.
Salah satu efek jika komstir rusak adalah stang motor yang terasa mau copot, sebenarnya ini efek komstir yang tidak mampu lagi menstabilkan stang motor. Biasanya stang motor akan bisa di gerakkan ke depan dan ke belakang.
Penyebab rusaknya komstir?
Komstir rusak biasa disebabkan dari penggunaan motor yang kurang baik ketika melewati jalan berlubang dan area yang terjal Sehingga dudukan bola-bola atau pelor jadi mudah aus.
Ausnya bola-bola atau pelor bisa juga karena perawatan yang kurang maksimal seperti bola-bola pada komstir yang kering karena kurang grease.
Saat bola-bola dan mangkuk komstir kering, setang jadi berat karena pelor aus. Efeknya, putaran mur pengikat komstir makin kencang sendiri seiring gerak setang. Untuk mengatasinya ganti satu set laher komstir baru.
Apa yang harus dilakukan ketika gejal komstir rusak terasa?
Apabila stelan komstir hanya kendor, maka cukup dikencangkan lagi sampai mencapai posisi yang pas karena stelan yang terlalu kencang juga tidak bagus.Selain distel kekencangannya periksa juga mangkuk (inner race & outer race) dan pelornya. Apakah ada goresan atau pecah.
Komstir yang mengalami kerusakan cukup parah biasanya harus diganti semua satu set berupa mangkuk beserta pelornya.
Jika cara diatas belum bisa mengatasi gejala kerusakan komstir, maka jalan terakhir yang harus agan lakukan adalah dengan cara mengganti komstir yang rusak tersebut . Harga komstir bervariatif dari yang ori sampai dengan lokalan, sebagai alternatif agan juga bisa menggunakan komstir bambu yang sianggap lebih tahan lama.
Itulah beberapa ulsan mengenai komstir rusak, semoga bermanfaat bagi agan agan sekalian yah ...
like and shere jika posting ini membantu.
komentar jika memang isinya ada yang kurang atau tidak bermanfaat. Terimakasih
0 Response to "Ciri Ciri Komstir Motor Mulai Rusak"
Post a Comment