12 Problem dan Permasalahan yang Sering Terjadi Pada motor Vixion



Hallo bro sekalian , bagaimana kabarnya hari ini semoga selalu diberikan kesehatan sama Alloh subhanwata’ala, so kali ini saya ingin sharing informasi yang membahas mengenai beberapa masalah yang sering terjadi pada motor vixion dan juga bagaimana mengatasi atau solusinya , penasaran , mau…? yuk langsung saja cek it dot.


Beberapa keluhan berikut ini adalah diambil dari sumber referensi di internet , baik dari forum forum atau group group facebook dan juga dari beberapa orang yang sudah mengalaminya



1.Suara mesin motor yang agak kasar.


Dari hasil tanya jawab dengan beberapa mekanik bengkel resmi yamaha , diduga kasusnya yaitu mirip dengan motor yamaha rx king tempo dulu dimana jawan kemunculan motor yamaha rx king ini pada bagian bloknya terkenal bagus (Y Series) karena memang bahanya berkualitas.

yamaha mempunyai keberanian unutk main clearance sempit sehingga suara mesin motor menjadi halus .

Belakangan ini blok yamaha rx king menggunakan YP series dan clearance sedikit dibuat longgar , hasilnya ya tentunya gitu deh haha.

Blok yang digunakan pada motor yamaha old vixion atau disingkat ovi dibanderol dengan harga kurang lebih sekitar 490 ribuan sedangkan blok pada motor new vixion lightning atau (NVL) harganya cuman 290 ribuan ,referensi harga tersebut diambil dari harga katalog suku cadang.

Nah sekarang muncul pertanyaan why, kenapa…???
Jawabanaya cuman yamaha yang tahu hehe,

SO bisa diambil kesimpulan bahwa ada UANG ada KUALITAS, hasilnya tentunya sudah gak asing lagi bahwa suara mesin motor NVL (new vixion lightning )cenderung memiliki suara yang lebih kasar dibandingkan dengan old vixion.

Bahan baku dari blok silinder yang mungkin kalah bagus dari pada blok silinder yang digunakan pada motor generasi awal tersebut yaitu old vixion kemudian pada bagian clerance yang dibuat lebih longgar diduga hal tersebut menjadi penyabab utama yang cukup kuat

(*)Bagaimana cara mengatasinya mesin motor kasar pada vixion….?


Untuk cara mengatasi hal tersebut tentunya cukup mas bro menggunakan oli yang berkualitas ,alias lebih bagus dari pabrikan standardnya .

Nah untuk pemilihan tingkat kekentalanya gunakan yang SAE 20W -50 ,walaupun dalam hal performance mungkin akan menurun , tapi suara mesin motor mas bro akan jauh lebih halus dibandingkan sebelumnya.

Oiya sekedar informasi tambahan bahwa blok OVI (old vixion) dari informasi yang ada bahwa dengan kode 3C1 sudah tidak diproduksi lagi .

Untuk pemilik motor OVI yang membutuhkan blok silinder baru atau yang memang sudah saatnya diganti maka mau tidak mau harus menggunakan milik motor yamaha new vixion. 

2.Motor Vixion Ngebul…?


Mungkin bagi anda yang memiliki motor 4 tak agak aneh kelihatan ,bahkan mungkin dari sekian banyak pengguna motor 4 tak memiliki pertanyaan , lho motor 4 tak kok ngebutl (alias mengeluarkan asap), memang motor 2 tak , kalau 2 tak ya jelas , lha ini motor 4 tak e..? lho gimana sih haha..?

Ya tapi seperti itulah bro sekalian kejadian yang lumayan cukup banyak terjadi di lapangan pemiliki motor new vixion lightning,beberapa diantaranya yaitu sudah ada yang berasap putih tipis padahal motor tersebut masih baru alias masih ting ting *perawatan, tapi sudah ngasap..?

ada juga motor yang sudah 1 tahun , kemudian lanjut diawal umurnya yang ke 2 mengalami penampakan asap motor pada knalpotnya,

kemudian ada juga yang mengalami penampakan asap saat motor baru dipanasi,

ada juga asap muncul saat motor digeber di kisaran RPM tinggi.

Nah bagaimana solusinya, apa penyebab masalah tersebut..? mari lanjutkan pembahasannya.

Jadi lagi lagi dicurigai adalah material ring piston pada motor yamaha new vixion lihgtning yang buruk (kode moto 1PA) , ring piston pada motor yamaha new vixion lightning kedodoran bila digeber diputaran tinggi akibatnya, ada oli yang menyelusup masuk kebagian ruang bakar dan terjadilah asap , kata pihak yamaha yang saya baca baca di internet katanya hal ini wajar hahahaha.

(*)Solusi mengatasi motor vixion yang ngebul..?


Untuk mengatasi hal tersebut tentunya mas bro harus rajin untuk melakukan pengeceakan ketinggian oli melalui dipstik.

Bila oli motor sudah dibawah batas , maka mas bro bisa segera tambah atau mau diganti dengan oli yang baru.

selain itu juga untuk mengeliminasi masalah tersebut mas bro bisa mengganti ring piston milik OVI (old vixion ) *harganya bisa dua kali lipa lebih mahal dibandingkan ring piston pada NVL(new vixion lightning). *mungkin karena harganya murah kualitas ring piston pada nvl kurang joss #kayaknya.

Oiya untuk harganya sendiri ring piston old vixion (ovi) sekitar 250 sampai 300an ribu rupiah.

Selain itu juga mas bro bisa perhatikan pada kondisi blok silindernya apakah sudah baret atau tidak, atau bahkan memang perlu untuk diganti ..?

jika masih bagus alias OK maka mas bro bisa mengganti ring piston saja , jika sudah baret maka mau tidak mau harus mengganti 1 set hehe.

Untuk penggantian oli jangan terlalu lama harus nunggu 2 bulan atau sampai 3 bulan , usahakan mengganti oli sebisa mungkin 2000 sampai 2500 km harus diganti.

Hal ini tentunya bisa mencegah oli yang bersirkulasi di mesin kelewat sedikit karena sudah menyusup ke bagian ruang bakar mesin.

Kalau mas bro rajin ganti oli , coba tuangkan dan ukur kembali oli bekas mesin yang baru dikeluarkan tersebut ,apakah masih sama atau habis,bila berkurang maka mas bro bisa segera ambil tindakan.

Yamaha sendiri sudah menjamin piston dan juga ringpiston diasil cylinder selama 5 tahun.

3.Rantai Motor Vixion Cepat Kendor


Kejadian ini juga hampir mirip dengan jupiter mx yang rantainya cepat kendor , kalau pada motor new vixion lightning ini lebih parah hal tersebut diperparah karena nvl sudah menggunakan ban yang relatif lebih besar dari pada jupiter mx.

Banyak kejadian diluar sana dan saya sendiri bahwa kondisi gir bagian depan dan juga gir bagian belakang kondisinya masih bagus dan juga masih bisa digunakan tapi untuk setelan rantai motor sudah mentok tok alias gak bisa lagi disetel hingga kebelekang.

Sedangkan dalam dunia otomotif haram hukumnya untuk memotong rantai motor karena rantai orisinal pada motor new vixion lihgtning tidak ada sambungan.

Selian itu memang dari dulu dan anjuran para ahli mengatakan bahwa potong rantai adalah solusi berbahaya dan sangat tidak dianjurkan, lalu bagaimana solusinya..?

(*)Cara mengatasi Rantai motor vixion cepat kendor.


Untuk memperlakukan motor new vixion lihgtning yaitu mas bro harus memperlakukan mirip dengan seorang wanita yaitu dengan lemah lembut.

Jangan memperlakukan si vixion dengan grasak grusuk saat perpindahan gigi yang bisa mengakibatkan rantai motor lebih menderita kemudian, selain itu rawat rantai motor dengan baik menggunakan pelumas khusus.

Mas bro bisa menggunakan chain cleaner atau chain lube untuk memberikan pelumasan pada rantai motor nvl dengan sempurna.

Setel juga ketegangan rantai motor sasuai dengan anjuran (jangan terlalu over kencang karena nanti bisa putus) dan lakukan secara teratur.

Nah untuk rantai motor vixion yang sudah mentok maka bisa disiasati dengan menggunakan gir bagian belakang yang lebih besar atau membeli rantai di aftermarket.

Untuk mas bro yang menggunakan per kopling keras atau yang katanya racing ,jangan mengeluh kalau rantai motornya cepat kendor lah ya.. wkwkw lha gimana gak cepat kendor kalau motornya sendiri bisa loncat loncat .


4.Kampas Kopling vixion cepat hangus

oya sedikit penjelasan mengenai kompas kopling pada nvl itu sangat berbeda dengan ovi (old vixion )

untuk nvl ini kampas koplingnya hampir mirip atau bisa dikatakan serupa dengan New jupiter mx ,

tapi yang menjadi masalah adalah , salah satu kampas kopling yang berkode 1PA ini memiliki mutu kurang bagus , banyak kejadian dari luar sana bahwa kampas kopling yang memiliki kode tersebut yang cepat hangus, nah akibatnya tenaga pada motor tidak tersalurkan dengan sempurna ,
mengapa hal itu bisa terjadi ..? so hanya yamaha yang tahu jawabanya wkwk.

(*)Lalu bagaimana mengatasi kampas kopling vixion cepat hangus..?


Solusinya yaitu mas bro bisa ganti dengan menggunakan kampas kopling NVL dengan set kampas kopling miliki new jupiter mx  atau bisa juga kampas kompling aftermarket.

Selain itu juga bisa menggunakan kampas kopling milik honda GL Series yang cocok juga jika dipasang pada new vixion.

Mas bro bisa buang jauh jauh kampas kopling 1PA tersebut wkwk yang kualitasnya sangat diragukan.

Selain mengganti kampas kopling , solusi agak tidak cepat hangus yaitu mas bro perhatikan jarak tembuh penggantian oli motor, kemudian setelan /jarak main kompling, kemudian perbaiki juga cara berkendara nya , jangan sering sering gantung kopling wkwkw

5.Suara Headlamp yang berisik saat berada dijalan yang tidak rata.


Bagi mas bro yang sudah pernah mengalami melaju di jalan kontur yang kondisi jalanya kurang bagus alias jalanya tidak rata mungkin motor nvlnya akan berbunyi klotak klotak dibagian seputar headlamp, ya hal ini juga pernah saya alami.

Jika mas bro lihat detail pada bagian konstruksi headlamp NVL atau motor yang dijuluki dengan headlamp mirip kepala si sinchan ini memang rawan bunyi klotak klotak penyababnya karena headlamp tersebut di ikat dengan menggunakan 2 baut untuk menggabungkan bagian depan dan juga bagian belakangnya.

selain itu juga posisinya dibagian bawah sedangkan pada bagian atasnya hanya menggunakan sistem klip untuk pengapitnya.

(*)Lalu bagaimana cara mengatas headlamp vixion yang berisik? 


Untuk mengatasi hal tersebut mas bro bisa dengan melubangi bagian headlamp diatas yang kemudian diikat menggunakan cable ties untuk meperkuat ikatannya.

Selain itu juga mungkin cara yang bisa mas bro gunakan yaitu dengan memberikan pelapis double atas bawah atau yang sering disebut dengan istilah double tipe guna untuk meredam bunyi yang terdapat pada headlamp tersebut, bunyi klotak klotak tersebut terdengar jelas saat motor mas bro melewat jalan yang tidak rata. Bunyi klotak klotak tersebut tentunya akan mengganti ridding kita saat perjalanan jauh atau touring.

Selian itu juga bisa dengan mencopot bagian visornya untuk mengurangi suara bunyi tersebut tapi apakah semua orang suka dengan melepas visor menruut saya denga melepas visor akan mengurangi kegantengan si vixion hehe.

Buat mas bro yang ingin mencari double tape bisa dicari di foto copyan untuk menahan getaran headlamp tersebut, nah untuk double tapenya cari yang memiliki sedikit busa dibagian bawahnya , intnya car double tape yang agak tebal.

Nah untuk melanjurkan informasi selanjutnya mas bro bisaa baca artkel saya selanjutnya, soalnya lagi sibuk ,dan ndelalah ada hal penting yang harus dikerjakan , so sampai disini dulu hehe, di untuk informasi diatas bisa dilanjutkan baca di part 2 dibawah ini  :

Problem Vixion Part 2 klik aja gan


kalo nda di klik nyesel loh...wkwkwk

LIKE and SHERE jika postingan ini membantu ya bro...
KOMENTAR jika ada kekurangan atau bahkan tidak bermanfaat . Trimakasih 

Related Posts:

1 Response to "12 Problem dan Permasalahan yang Sering Terjadi Pada motor Vixion"

  1. Minta saran bang, rantai yg ori cepet kendor kalo setiap pindah gigi dg kasar, kalo diganti dg rantai O-ring yg racing apakah jg cpet kendor.???

    ReplyDelete